Keikutsertaan Manajemen Pariwisata UK Petra dalam Kompetisi Pariwisata Indonesia 9

06 Sep 2018

Dewasa ini, peralihan zaman menuju digital membuat segala aspek dalam kehidupan dituntut untuk mengikutinya, termasuk dalam bidang pariwisata. Digital dan pembangunan pariwisata berkelanjutan akan saling berkolaborasi dalam pencapaian target pemerintah di masa mendatang. Dalam upaya menjawab kebutuhan tersebut, Program Studi D3-Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Bandung (UPW-POLBAN) bersama dengan Telkom University dan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) 2018 untuk yang ke-9 kalinya. Tema yang diusung dalam KPI 9 ini ialah Digital Tourism for Sustainable Development, dengan harapan bahwa digitalisasi pariwisata merupakan salah satu cara untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Kompetisi Pariwisata Indonesia ini merupakan event nasional tahunan sekaligus memperebutkan piala bergilir Kementerian Pariwisata Indonesia. KPI 9 tahun 2018 ini diselenggarakan pada tanggal 3-4 Mei 2018 dan berlokasi di tiga tempat, yaitu Politeknik Negeri Bandung, Telkom University dan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA. Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kompetisi umum dan kompetisi khusus. Kompetisi umum contohnya seperti travel selfie contest, video blog, tourism advertising video, dan sebagainya. Sedangkan kompetisi khusus seperti business event proposal, guiding contest, tour package, tourism quiz dan sebagainya.

Manajemen Kepariwisataan UK Petra mengirimkan perwakilannya pada ajang bergengsi KPI 9 ini, diantaranya ialah :

1. Tourism Quiz: 1 tim terdiri dari Joshua Dilbert (angkatan 2015), Fanny Harsono & Pinki Gustuti (angkatan 2016)
2. Tour Package: 1 tim terdiri dari Fanny Harsono, Pinki Gustuti dan Madeline (angkatan 2016)
3. Travel Writing: peserta individu Romie C. Paparang (angkatan 2015)
4. Tourism Speech: peserta individu Bernadet Sihombing (angkatan 2015)
5. Tourism Photography: peserta individu Fransiskus (angkatan 2015)

KPI 9 merupakan keikutsertaan pertama kali bagi Manajemen Kepariwisataan UK Petra dalam kegiatan Kompetisi Pariwisata Indonesia. Belum ada piala yang dapat dimenangkan dalam kompetisi ini melihat saingan cukup berat datang dari berbagai institusi pendidikan pariwisata di Indonesia. Namun hal tersebut tidak menjadikan Program Studi Manajemen Kepariwisataan UK Petra berhenti untuk mengirimkan perwakilannya. Ke depan kompetisi KPI ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan yang dapat diikuti untuk dapat mengasah kemampuan mahasiswa, menumbuhkan semangat berkompetisi dan mengasah ilmu dan kemampuan kepariwisataan mahasiswa.


Close previewer