Profil

Program Sarjana Strata-1 Manajemen Kepariwisataan (Tourism & Leisure Management) didirikan sejak tahun 2002 dan saat ini memiliki status AKREDITASI dengan nilai "A". Program ini mengakomodasi perkembangan industri pariwisata internasional seperti diberlakukannya ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015. AFTA dan AEC menjadikan adanya liberalisasi perdagangan barang, jasa, investasi, arus modal, serta tenaga kerja terampil.

Sektor Pariwisata merupakan satu dari dua betas sektor prioritas integrasi, yaitu sektor yang dianggap strategis untuk diliberalisasikan. Kondisi ini membuka peluang bisnis serta tantangan kebutuhan SDM yang berkualitas, memiliki wawasan internasional serta kemampuan berbahasa Inggris dalam komunikasi bisnis-nya. Untuk itu Program Manajemen Kepariwisataan didesain dengan kurikulum yang membekali lulusannya dengan kemampuan akademik dan praktis mengenai manajemen dan bisnis khususnya di sektor bisnis pariwisata serta bisnis penunjang pariwisata seperti industri perjalanan wisata, industri airlines, shopping mall dan industri retail, industri freight forwarding, perdagangan internasional (export-import).

Program Manajemen Kepariwisataan memberikan warna khas dengan mengintegrasikan kompetensi akademik manajemen dan bisnis dengan pengalaman praktis yang diperoleh baik dari sharing para pelaku bisnis pariwisata, national & international field study, kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program student exchange ke Jepang, Korea Selatan dan Belanda serta program dual degree di Belanda dan Joint Degree di Jepang, serta adanya kerja praktek di industri terkait baik di dalam negeri maupun di luar negeri pada semester akhir.


VISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN KEPARIWISATAAN

Menjadi Program Sarjana Si yang berkualitas di bidang bisnis dan manajerial khususnya pada industri tourism termasuk didatamnya industri travel agency, retail, dan cargo, memiliki jiwa entrepreneur dan unggul dalam persaingan di era globalisasi dengan menekankan pada kekuatan akademik dan kekuatan jaringan profesi/industri yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani.

 
MISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN KEPARIWISATAAN

  • Mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi di bidang tourism, retail, dan cargo management dengan mengakomodasi muatan entrepreneurship, integritas, inovatif serta memperhatikan iklim persaingan dalam era globalisasi.
  • Mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghasilkan karya ilmu yang bermutu dan bermanfaat bagi dunia akademik dan bisnis terapan.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri, pelaku industri tourism, retail, dancargo serta lembaga asosiasi profesi yang menunjang kompetensi lulusan.
  • Mengembangkan sarana dan prasarana yang menunjang kualitas proses belajar mengajar, serta percepatan waktu studi mahasiswa.      

 

MOTTO PROGRAM STUDI MANAJEMEN KEPARIWISATAAN

INTEGRITY: Empowering people through learning and continuous development