STUDI LAPANGAN : GROUND HANDLING & AIR CARGO HANDLING

27 Agu 2015

Sebagian besar dari anda pasti sudah pernah melakukan perjalanan (baik perjalanan wisata atupun bisnis) dengan menggunakan pesawat terbang. Secara otomatis andapun sudah pernah melalui proses check-in, pendaftaran bagasi, boarding dan lain sebagainya. Sembari menunggu keberangkatan di waiting room, ataupun setelah anda turun dari pesawat, cobalah untuk memperhatikan aktivitas apa yang terjadi di sekeliling pesawat terbang. Apakah anda melihat sebuah mobil menarik rangkaian bak terbuka berisi koper-koper? Atau anda melihat sebuah mobil tangki bahan bakar, atau staff airlines yang membawa kursi roda untuk salah satu penumpang pesawat? Seluruh kegiatan yang disebutkan diatas dapat dikategorikan sebagai pelayanan ground handling bandara.
Pengetahuan mengenai pelayanan ground handling serta bagaimana suatu bandara me-manage¬ seluruh aktivitas tersebut bagi seluruh maskapai yang mendarat ataupun berangkat diberikan kepada mahasiswa peserta mata kuliah Cabin Crew, sebagai pengetahuan tambahan disamping pengetahuan dasar mengenai how to be Cabin Crew (pramugari/pramugara). Ditemani oleh Bapak Budi Widiagto dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah III Juanda dan Bapak Milhky selaku praktisi di bidang ground handling, mahasiswa diajak untuk melihat langsungdetail aktivitas pelayanan ground handling di Bandara Juanda (T2) Surabaya.
 
Pengamatan Proses Ground Handling
Lokasi : T2 Bandara Juanda
Kunjungan pada hari Senin 02 Juni 2014 tersebut tidak hanya berhenti sampai di T2 Bandara Juanda, mahasiswa juga diajak untuk melihat aktivitas pengiriman barang via udara (air cargo handling) di area cargo Bandara Juanda, sehubungan dengan mata kuliah Transportasi dan Penanganan Kargo. Mulai dari proses penyerahan barang dari konsumen kepada pihak cargo agent/pengirim, proses penimbangan, pe-label-an, pembuatan SMU (surat muatan udara), proses pemeriksaan oleh pihak pengawasan barang (regulated agent), hingga masuk kewarehouse/gudang penyimpanan barang sebelum dikirimkan melalu maskapai tertentu.
 
Kunjungan ke area Warehouse Cargo Bandara Juanda
Kegiatan pembelajaran lapangan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai aktualisasi setiap materi teori yang telah diberikan dikelas.



Close previewer