Kurikulum

Program Manajemen Kepariwisataan yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra merupakan unit pelaksana pendidikan tinggi yang melaksanakan program pendidikan akademik pada jenjang sarjana S-1. Jenjang ini mempunyai beban studi kumulatif 144 sks dengan lama studi kumulatif 8 semester dan maksimum 14 semester. Lulusan program ini bergelar Sarjana Ekonomi (S. E.).

 

PENGAMBILAN BEBAN STUDI

Beban studi semester adalah jumlah sks yang diambil oleh mahasiswa pada suatu semester tertentu. Besar beban studi untuk mahasiswa Program Manajemen Kepariwisataan semester pertama ditentukan oleh program studi secara paket dan tidak lebih dari 20 sks. Besar beban studi untuk semester kedua dan selanjutnya ditentukan melalui kegiatan Pendaftaran Rencana Studi (PRS) yang dilanjutkan dengan proses seleksi kelas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beban studi normal seorang mahasiswa berkisar pada 18-20 sks per semester. Beban studi maksimum yang dapat diambil mahasiswa berprestasi akademik tinggi - yaitu mahasiswa dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) pada semester sebelumnya lebih besar dari 3.00 dan memenuhi etika akademik - setelah 2 (dua) semester pada tahun akademik yang pertama adalah 24 sks.

 

MENGENAI PRASYARAT TOEFL, KERJA PRAKTEK, DAN SKRIPSI

TOEFL

Mahasiswa diharapkan melihat jadwal serta mengikuti tes TOEFL yang diadakan sebanyak 2 kali di setiap semester.
Prasyarat TOEFL untuk mata kuliah yang diambil adalah sebagai berikut :

  • Bahasa Inggris Dasar 2, minimum 425
  • English for Special Purposes, minimum 450
  • Skripsi, minimum 500

Nilai ujian TOEFL yang diambil adalah nilai yang terbaik/tertinggi. Apabila mahasiswa baru pertama kali mengikuti ujian TOEFL dan langsung mendapatkan nilai 500, maka mahasiswa tersebut tidak perlu untuk mengikuti ujian TOEFL kembali karena nilai tersebut sudah langsung memenuhi persyaratan ketiga mata kuliah di atas.

Kerja Praktek

Program Studi Manajemen Kepariwisataan melengkapi wawasan mahasiswa akan dunia kerja melalui mata kuliah Kerja Praktek. Mahasiswa dapat memilih lokasi kerja praktek, baik itu di dalam maupun di luar negeri.
Untuk kerja praktek di dalam negeri, mahasiswa minimal telah menyelesaikan 110 sks. Prasyarat lainnya yaitu lulus mata kuliah Ticketing Lanjutan (untuk peminatan Tour & Travel), telah menyelesaikan mata kuliah Mall&Retail 1 dan 2 (peminatan Mall&Retail), serta telah menyelesaikan mata kuliah Field Study & Case Study (peminatan Cargo&Airlines).
Selanjutnya untuk kerja praktek di luar negeri pada prinsipnya memiliki syarat yang sama, yaitu lulus / telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat dengan baik. Selain itu, mahasiswa diharapkan menguasai bahasa Mandarin pasif dan telah menyelesaikan minimal 120 sks dengan IPK minimal 2.75.

Skripsi

Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang harus disusun oleh I -2 orang mahasiswa di bawah bimbingan 1-2 dosen pembimbing berdasarkan hasil penelitian ataupun hasil implementasi dari project yang dikerjakan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program studi sarjana strata satu. Mahasiswa diwajibkan untuk menyusun skripsi sesuai dengan peminatan yang dipilih.
Skripsi dilakukan dengan basis penelitian. Wujud akhir dari tugas akhir yang berbasis penelitian berupa karya tulis ilmiah yang rnerupakan hasil dari penelitian yang dilakukan.
Persyaratan yang harus dipenuhi untuk menempuh skripsi :

  • Telah menempuh dan menyelesaikan minimal 130 sks.
  • Tidak terdapat nilai E pada mata kuliah yang telah diselesaikan. 
  • Sudah menempuh dan lulus mata kuliah Metodologi Penelitian Manajemen. 
  • Sudah menempuh dan lulus English Proficiency Test (EPT - TOEFL Based) skor minimum 500.

 

SISTEM PENILAIAN MATA KULIAH

Sistem penilaian hasil belajar merupakan bagian dalam proses untuk penentuan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa. Evaluasi untuk menentukan prestasi akademik mahasiswa dilakukan dengan menganut prinsip edukatif, otentik, adil, obyektif, transparan dan akuntabel. Evaluasi hasil belajar mahasiswa dapat dilakukan dalam bentuk tes, tugas, UTS (Ujian Tengah Semester), maupun UAS (Ujian Akhir Semester). Prestasi akademik mahasiswa dinyatakan dengan huruf dan angka ialah sebagai berikut :

Persentase Penguasaan Nilai Angka Nilai Huruf Keterangan
86-100 4 A Istimewa
76-85 3.5 B+ Baik Sekali
69-75 3 B Baik
61-68 2.5 C+ Cukup Baik
56-60 2 C Cukup
41-55 1 D Kurang
0-40 0 E Buruk

 

KEBERHASILAN STUDI

Selama menempuh studi di Universitas Kristen Petra, mahasiswa akan dievaluasi keberhasilan studinya. Evaluasi tersebut meliputi :

Evaluasi IPS dan IPK

Universitas menetapkan prestasi akademik mahasiswa dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) dan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPS merupakan ukuran prestasi akademik yang dicapai mahasiswa pada suatu semester, sedangkan IPK merupakan ukuran prestasi akademik yang dicapai mahasiswa dari awal semester hingga semester terakhir yang selesai ditempuh.
Apabila mahasiswa memperoleh IPS kurang dari sama dengan 1,5 maka mahasiswa mendapat Peringatan. Surat peringatan akan dilayangkan ke alamat surat-menyurat. Apabila dalam 3 (tiga) semester berturut-turut mahasiswa memperoleh IPS kurang dari 1,5, maka mahasiswa tidak diperkenankan melanjutkan studi.
Evaluasi IPK ditentukan dalam beberapa tahapan dengan ketentuan sebagai berikut :

Perihal Tahap Persiapan Tahap Madya Tahap Akhir
Beban studi minimal yang diselesaikan 36 sks 110 sks 144 sks
IPK Minimal 2 2 2
Nilai D Maksimal 20% (7 sks) 10% (11 sks) 10% (14 sks)
Masa Studi Maksimal 4 semester 10 semester 14 semester

Batas Waktu Studi

Batas waktu studi (masa studi) dihitung dari sejak pertama mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Kristen Petra sampai dengan mahasiswa menyelesaikan waktu studinya secara lengkap. Masa studi paling lama yang diperkenankan ialah 7 tahun akademik dengan beban studi minimal 144 sks.

Skema kurikulum tidak tersedia

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
  • Cargo & Airlines Management
  • Mall & Retail Management
  • Tour & Travel Management
EK
Pengantar Manajemen (3 SKS)
Mata kuliah ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dalam Fakultas Ekonomi. Mata kuliah ini memberikan pengenalan konsep-konsep dasar yang berhubungan dengan pengelolaan keunggulan kompetitif perusahaan dan lingkungan di sekitamva, perencanaan manajemen stratejik, pengambilan keputusan stratejik serta mengelola bisnis yang bertanggung jawab. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan kepada pengenalan bagaimana mengelola sumber daya manusia yang heterogen, mengelola kepemimpinan yang efektif serta melakukan kontrol manajerial.
EK
Pengantar Akuntansi (3 SKS)
Mata kuliah ini merupakan dasar bagi mata kuliah Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan. Mata kuliah ini menekankan pada pencatatan dan pelaporan dalam laporan keuangan perusahaan ang bergerak pada usaha jasa, dagang dan manufaktur. Mata kuliah ini bertujuan menjadikan mahasiswa mampu mencatat dan menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. dagang dan manufaktur.
EK
Ekonomi Makro (3 SKS)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman berbagai konsep dasar dan prinsip-prinsip dasar dalam ilmu ekonomi makro yang melingkupi kehidupan rumah tangga, swasta,pemerintah dan luar negeri dari hari ke hari. Mata kuliah ini jugs mengajarkan analisis-analisis dasar tentang masalah-masalah ekonomi makro dan keterkaitan antar variabel-variabel mau pun parameter-parameter ekonomi agregat untuk menjelaskan penciptaan pendapatan (GDP), pembentukan tingkat harga umum, kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan distribusi pendapatan baik melalui mekanisme pasar mau pun intervensi pemerintah melalui kebijakan moneter mau pun fiskalnya.
EK
Matematika (3 SKS)
Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Matematika Ekonomi diharapkan dapat mampu memahami, membuat dan menyelesaikan model-model matematika sederhana dari masalah nyata yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis. Model matematika yang dimaksud adalah model linear seperti fungsi linear, aljabar matriks dan model non linear seperti fungsi eksponen, logaritma dan kalkulus diferensial.
DU
Etika (2 SKS)
Mahasiswa memiliki pengertian yang benar dan tepat mengenai dasar, makna dan tujuan hidupnya, serta memiliki kesadaran untuk menjalani kehidupan sebagai manusia ciptaan Allah, sesuai dengan rencana Allah sang Pencipta.
EW
Pengantar Industri Pariwisata & Leisure (2 SKS)
Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa Manajemen Kepariwisataan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai dunia pariwisata secara garis besar. Mata kuliah ini diasuh oleh team dosen yang memberikan materi mengenai tiga bagian besar dalam tourism industry yaitu tour, hotel dan leisure.
EW
Bahasa Inggris Dasar 1 (2 SKS)
Mata kuliah ini membekali siswa dengan struktur tata bahasa dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil lulus ujian TOEFL mereka. Siswa akan berlatih untuk menggunakan berbagai struktur gramatikal untuk menunjukkan penguasaan bahasa inggris baik dalam bentuk lisan dan tulisan. Ada fokus yang kuat pada penguasaan tata bahasa dalam hal ini modul 1, yang pasti akan mengarah pada peningkatan membaca keseluruhan siswa, berbicara, menulis, dan keterampilan mendengarkan.
DU
Pendidikan Pancasila (2 SKS)
Peningkatan kualitas mahasiswa yang, meliputi berfikir kreatif, kritis, sistematik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadapan dan menjunjung tinggi nilai kemampuan, mempunyai wawasan terhadap permasalahan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, mata kuliah ini berorientasi pada kajian tentang falsafah dasar negara Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara, berbhinnekaetunggalika serta penerapannya dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berlandaskan budaya bangsa yang maju dan modern serta berdaya saing tinggi. Substansi dan operasional mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan mengintegrasikan teori dan praksis pendidikan kewarganegaraan (civic education) dalam kaitannya dengan kondisi strategis masyarakat, bangsa, budaya dan negara serta perkembangan global.
EK
Pengantar Bisnis (3 SKS)
Mata kuliah ini memberikan pengenalan konsep-konsep dasar yang berhubungan dengan penciptaan dan pengelolaan suatu usaha bisnis. Mata kuliah ini mengupas macam bentuk kepemilikan perusahaan swasta di Indonesia, bagaimana kondisi ekonomi dapat mempengaruhi bisnis.
EK
Akuntansi Biaya (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas tentang, konsep biaya, siklus akuntansi biaya, sistem penentuan harga pokok produk dan jasa, pengalokasian biaya, peran biaya dalam proses penganggaran dan pengendalian pengambilan keputusan manajerial.
Pengantar Akuntansi
EK
Ekonomi Mikro (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas perilaku ekonomi unit-unit ekonomi yang kecil (mikro), yang di dalamnya mencakup konsep-konsep dasar ilmu ekonomi mikro, seperti permintaan penawaran dan elastisitas, keseimbangan (equilibrium) pasar, perilaku konsumen, produksi dan biaya produksi, revenue, struktur persaingan (pure competition; monopolistic competition; oligopoly; monopoly), dan pasar sumberdaya.
EK
Statistika (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas metode statistika dasar termasuk teori peluang, statistika deskriptil. dan statistika inferensia. Pembahasan metode-metode tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dasar yang kuat. mempersiapkan mahasiswa untuk mata kuliah kuantitatif lanjutan, dan belajar mandiri untuk metode-metode statistika modern.
EW
Berpikir Logis dan Kreatif (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
DU
Filsafat Agama (2 SKS)
Membantu mahasiswa agar mampu mewujudkan nilai dasar agarna dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dikuasainya dengan rasa takut akan Tuhan, bertanggung jawab kepada Tuhan dan sesama manusia. Mengembangkan intelektualitas mahasiswa untuk terus melaksanakan proses belajar sepanjang hayat untuk menjadi ilmuwan yang berintegritas, berkepribadian dewasa yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan kehidupan. Mengantarkan rnahasiswa sebagai modal (kapital) intelektual melaksanakan proses belajar sepanjang hayat untuk menjadi ilmuwan yang beriman, berkarakter, berkepribadian dewasa yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan kehidupan.
EW
Geografi dalam Bisnis Pariwisata (3 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EK
Manajemen Pemasaran (3 SKS)
Mata kuliah im membahas proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan pengendalian terhadap aktivitas-aktivitas pemasaran. Pembahasan meliputi pengertian pemasaran, analisa perilaku konsumen, identifikasi segmen, pasar sasaran dan positioning serta membangun strategi bauran pemasaran (product, price, place, and promotion).
Pengantar Manajemen
EK
Akuntansi Manajemen (3 SKS)
Mata kuliah ini mcrupakan bagian dari akuntansi yang dirancang untuk mendukung manajemen internal, yang khusus menangani bagaimana data akuntansi dan informasi keuangan Iainnva dapat digunakan dalam memanajemen suatu bisnis, pemerintahan atau bisnis non-profit.
Akuntansi Biaya
EK
Manajemen Produksi dan Operasional (3 SKS)
Mata kuliah ini mempelajari tentang manajemen operasi dalam sistem produksi yang berfokus pada pengelolaan proses produksi serta mendistribusikan produk dan jasa.
Pengantar Manajemen
EK
Bahasa Inggris Bisnis (3 SKS)
Bahasa Inggris Bisnis membahas topik yang terkait dengan beberapa istilah khusus dan berbicara bahasa Inggris yang digunakan dalam bisnis, seperti apa bisnis, menjadi pemain tim, karir dalam bisnis, yang diselenggarakan, yang tepat waktu, melakukan wawancara, dan fungsi manajemen.
DU
Bahasa Indonesia (2 SKS)
Substansi kajian dalam perkuliahan hendaknya dipadukan ke dalam kegiatan penggunaan bahasa Indonesia melalui keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca. dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Substansi Kajian Mata Kuliah Bahasa Indonesia difokuskan pada menulis akademik. Secara umurn. struktur kajian terdiri atas: 1) Kedudukan Bahasa Indonesia: (a) sejarah bahasa Indonesia, (b) bahasa negara, (c) bahasa persatuan, (d) bahasa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dan (e) fungsi dan peran bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa. 2) Menulis: (a) makalah, (b) rangkuman/ringkasan buku atau bab dan (c) resensi buku. 3) Membaca untuk menulis: (a) membaca tulisan/artikel ilmiah, (b) membaca tulisan populer, dan (c) mengakses informasi melalui Internet dan 4) Berbicara untuk keperluan akademik: (a) presentasi, (b) berseminar, dan (c) berpidato dalam situasi formal.
EW
Bahasa Inggris Dasar 2 (2 SKS)
Kursus ini merupakan kelanjutan dari Basic; English 1, dimana siswa akan belajar lebih struktur bahasa Inggris untuk mempersiapkan mereka untuk mengambil tes TOEFL. Hai ini bertujuan untuk membiasakan siswa dengan berbagai keterampilan membaca dan menulis serta sebagai sarana untuk berbicara bahasa Inggris mereka. banvak. Pada akhir kursus, siswa diharapkan dapat menggunakan tenses yang berbeda dan tata bahasa dalam bahasa Inggris dengan percaya diri dan akurat.
Bahasa Inggris Dasar 1
EW
Kargo dan Komoditas (3 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EK
Manajemen SDM (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas proses dalam pengaturan dan pengoptimalan sumber daya manusia secara efektif dan efisien agar mampu menjalankan perannya yang strategis dalam pencapaian sasaran strategis organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam bersaing.
Pengantar Manajemen
EK
Manajemen Keuangan (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas konsep dan teknik dasar keuangan yang memampukan mahasiswa untuk membuat keputusan invest tsi dan pendanaan balk jangka pendek maupun jangka panjang. Pembahasan meliputi konsep resiko dan return, nilai waktu dari uang, penilaian, capital budgeting, struktur dan biaya modal. serta manajemen modal kerja.
Pengantar Manajemen
EK
Hukum Bisnis (3 SKS)
Pengantar Bisnis
EK
Perpajakan (3 SKS)
Mata kuliah ini memberikan gambaran dan pemahaman kepada mahasiswa terkait hak dan kewajiban Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan baik secara formal maupun secara material sehingga mahasiswa mengetahui tata cara pendaftaran, penghitungan utang, pajak dan pelaporan pajak akhir masa dan tahun untuk setiap jenis pajak. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami peraturan perpajakan terkait Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak atas Bumi dan Bangunan, Bea Perolehan Flak atas Tanah dan Bangunan.
Pengantar Akuntansi
DU
Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
Peningkatan kualitas mahasiswa yang, meliputi berfikir kreatif, kritis, sistematik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadapan dan menjunjung tinggi nilai kemampuan, mempunyai wawasan terhadap permasalahan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, mata kuliah ini berorientasi pada kajian tentang falsafah dasar negara Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara, berbhinnekaetunggalika serta penerapannya dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berlandaskan budaya bangsa yang maju dan modern serta berdaya saing tinggi. Substansi dan operasional mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan mengintegrasikan teori dan praksis pendidikan kewarganegaraan (civic education) dalam kaitannya dengan kondisi strategis masyarakat, bangsa, budaya dan negara serta perkembangan global.
PA
Perencanaan Paket Perjalanan Wisata (4 SKS)
Melalui program ini siswa akan belajar bagaimana merencanakan, menghitung dan melakukan wisata; kota wisata serta multi-hari wisata. Kursus ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi-mengajar, sehingga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan melakukan bagaimana mengatur, menetapkan harga, mengeloia, menjual dan melakukan satu hari atau multi-hari paket tour. Melalui pengalaman nyata ini, siswa diharapkan lebih siap untuk melangkah ke tingkat yang lebih tinggi keterampilan profesional dalam pemrograman dan melakukan tur untuk memenuhi permintaan di pasar kerja. Sebagai kursus menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menempatkan teori dalam praktek, mereka akan memiliki pemahaman yang komprehensif bagaimana usaha pariwisata yang dilakukan dan bagaimana untuk memenuhi harapan yang berbeda dari pelanggan.
Bahasa Inggris Dasar 2, Geografi dalam Bisnis Pariwisata
EW
Pengantar Bisnis Ritel (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EK
Manajemen Stratejik (3 SKS)
Mata kuliah ini mengupas manajemen strategi sebagai suatu konsep yang implementatif dari formulasi sampai pada pelaksanaan beserta evaluasinya. Secara umum, pada ketiga tahapan tersebut akan dikaji analisis lingkungan, analisis industri, dan analisis perusahaan dimana fungsi-fungsi dalam manajemen akan dikupas satu per satu. Mata kuliah ini juga dirancang agar bisa memiliki kesempatan berpikir komprehensif dalam memformulasikan suatu kebijakan perusahaan, terutama integrasi antar fungsi di dalamnya.
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EK
Studi Kelayakan Bisnis (3 SKS)
Mata kuliah ini berisi pembahasan tentang penilaian kelayakan suatu proyek dalam organisasi bisnis. Pembahasan difokuskan pada analisis suatu proyek dilihat dari berbagai aspek: aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek SDM, ekonomi, dan aspek lingkungan.
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EK
Sistem Informasi Manajemen (3 SKS)
Mata kuliah ini mempelajari tentang integrasi sistem pada industri yang menggunakan teknologi informasi. Hal ini diperlukan supaya dapat meningkatkan daya saing perusahaan pada saat ini dan saat yang akan datang. Mata kuliah ini menjelaskan secara komprehensif dan terintegrasi tentang penggunaan teknologi informasi, integrasi informasi serta pengembangan teknologi informasi agar dapat menghadapi persaingan global saat ini.
Pengantar Manajemen
EK
Metode Penelitian Manajemen (3 SKS)
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa pada pemahaman yang terintegrasi tentang pentingnya metode penelitian ilmiah yang dapat diterapkan dalam melaksanakan penelitian pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah yang aktual dengan cara yang benar dan sistematis.
Statistika
EW
Ticketing (2 SKS)
Mata kuliah ini mendeskripsikan segala hal mengenai ticketing dasar, termasuk mengenal berbagai kode dan singkatan yang biasa digunakan dalam ilmu ticketing. Memberikan gambaran dan kemampuan kepada mahasiswa bagaimana cara membaca tiket secara mendetil berikut dengan pemahaman macam-macam tipe rute perjalanan. Apabila mahasiswa dapat memahami semua mengenai cara penjualan tiket, macam tiket dan tipe harga yang kerap akan ditemui, maka diharapkan mahasiswa mampu dalam hal pengetahuan dasar ticketing yang sangat penting untuk selanjutnya akan terus digunakan dalam tahap ilmu ticketing selanjutnya yang bervariasi.
EW
Manajemen Even (3 SKS)
Mata kuliah ini memberikan wawasan mengenai pertumbuhan bisnis even yang sangat pesat dalam dan peranannya yang semakin penting dalam industri hospitality. Selain itu juga membekali mahasiswa cara mengelola sebuah even mulai dari perencanaan, desain konsep even, pelaksanaan sampai evaluasi pasca even dari semua fungsi bisnis.
Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM
EW
Ekspor dan Impor (2 SKS)
Mata kuliah ekspor impor membahas pengetahuan dasar mengenai transaksi perdagangan luar negeri yang popular dilakukan yaltu ekspor impor. Pembahasan mencakup pengenalan terhadap aktivitas bisnis internasional, tahapan pelaksanaan transaksi ekspor impor, terminologi komersial internasional. pembiayaan ekspor impor menggunakan kredit berdokumen, metode pembayaran. procedural ekspor impor, dan kontrak dagang. Selain itu juga dikenalkan organisasi dan asosiasi yang berhuhungan dengan kegiatan ekspor impor. Di samping itu juga dibahas mengenai freight forwarding dan asuransi maritim dan kargo yang disampaikan oleh praktisi (dosen tamu).
Kargo dan Komoditas
PA
Bahasa Mandarin 1 (2 SKS)
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan dalam Program Manajemen Kepariwisataan selain bahasa Jepang dan Belanda. Mata kuliah ini memberikan pengenalan konsep-konsep dasar dalam berbahasa Mandarin balk pasif maupun aktif. Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan karakter mandarin beserta pelafalannya, nama-nama negara dalam bahasa mandarin, cara berkomunikasi saat ingin mernesan tiket dan hotel, cara bertanya saat memilih transportasi, saat berbelanja dan memesan makanan di restoran. Dalam mata kuliah ini juga akan disisipkan beberapa informasi- informasi yang berkaitan dengan RRC agar para mahasiswa dapat memahami gambaran mengenal kultur dan obyek wisata di negara tersebut.
PA
Bahasa Jepang 1 (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EW
Cargo Risk Management (2 SKS)
Ekspor dan Impor
PA
Bahasa Inggris untuk Kebutuhan Khusus (3 SKS)
Kursus ini dirancang agar sesuai spesialisasi siswa studi, yang di Tour Travel, Mall Retail, dan Cargo. Modul ini dipilih untuk memberikan keterampilan pada siswa yang diperlukan untuk sukses dalam kellidupan profesional mereka dengan meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam perkulialian ini, siswa juga didorong untuk menjadi pembelajar aktif, dimana mereka diharapkan dapat mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya mereka tentang penjurusan di manajemen kepariwisataan ke dalam diskusi, bermain peran, presentasi, dan bentuk-bentuk kegiatan praktis.
Bahasa Inggris Dasar 2
EW
Operasional Outlet (4 SKS)
Manajemen Even
DU
Etika Profesi (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EW
Manajemen Jasa (2 SKS)
Pengantar Manajemen, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM
PA
Bahasa Mandarin 2/ Bahasa Jepang 2 (2 SKS)
Bahasa Mandarin 1/ Bahasa Jepang 1
PA
Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (3 SKS)
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EW
Manajemen Pendapatan (Revenue Management) (3 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EW
Manajemen Rantai Persediaan Industri Pariwisata (3 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
EW
Lintas 1 (Manajemen Terapan Bisnis Pariwisata 1: Tour & Travel) (3 SKS)
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EW
Lintas 1 (Manajemen Terapan Bisnis Pariwisata 2: Ritel & Mall) (3 SKS)
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EW
Lintas 2 (Manajemen Terapan Bisnis Freight Forwarding 1) (3 SKS)
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EW
Lintas 2 (Manajemen Terapan Bisnis Freight Forwarding 2) (3 SKS)
Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi & Operasional, Manajemen SDM
EW
Lintas 3 (Kepemimpinan dalam Bisnis Pariwisata dan Hospitaliti /COP/PSP) (3 SKS)
Pengantar Manajemen
EW
Kerja Praktek (6 SKS)
Lulus 126 sks
EW
Skripsi (4 SKS)
Metode Penelitian Manajemen, Lulus 126 sks
DU
MKDU Pilihan (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan